Jika anda sudah banyak membaca mengenai trik diet, maka Intermittent Fasting Diet pasti menjadi salah satu jenis diet yang sangat familiar di telinga anda. Tapi jika anda belum pernah mendengarnya, artikel ini adalah jalan mudah bagi anda untuk mengenalnya.

Kebiasaan makan di Indonesia

Di Indonesia sudah menjadi kebiasaan dan juga sudah menjadi teori yang ditanamkan sejak kecil bahwa makan dilakukan 3 kali setiap hari yaitu makan pagi, makan siang dan juga makan malam. Akan tetapi karena banyaknya pengaruh dari luar negeri hal ini seakan tidak ada bekasnya saat ini. Banyak orang yang makan dengan sangat acak. Kapan saja mereka lapar mereka akan makan. Bahkan ada orang yang makan hingga 4 kali sehari karena rasa laparnya. Belum lagi camilan di sela waktu makan.

Hal ini merupakan hal yang sangat berpengaruh pada berat badan. Makan sebanyak 3 kali sehari adalah salah satu cara untuk mempertahankan bentuk tubuh ideal. Hal ini juga didukung oleh salah satu jenis diet yang sangat populer di luar negeri yaitu Intermittent Fasting Diet. Diet ini adalah salah satu diet yang mengharukan anda makan sebanyak 3 kali sehari dengan selang waktu yang sudah ditentukan.

Dalam selain waktu ini anda tidak akan diperbolehkan untuk makan snack ataupun makan besar lainnya. Banyak orang yang saat ini menganggap bahwa camilan bukan merupakan bentuk makanan yang berbahaya dan menggunakannya sebagai teman dalam menjalankan aktivitas. Mulai dari aktivitas kerja hingga bersantai di rumah.

Sesungguhnya snack di waktu yang tepat dengan jenis makanan yang tepat sesungguhnya bukan masalah besar, tapi masalahnya di sini adalah waktu snack ini dilakukan sepanjang hari dengan pilihan makanan yang buruk yaitu makanan proses yang memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi. Kebiasaan inilah yang pada akhirnya menyebabkan masalah obesitas.

Pendekatan dari Intermittent Fasting Diet

Intermittent Fasting adalah salah satu pendekatan yang dikenalkan setelah dilakukan banyak penelitian mengenai tubuh anda. Jika anda bisa melakukan puasa di bulan Ramadhan, maka tidak akan sulit bagi anda untuk menjalankan Intermittent Fasting Diet ini. Ya, orang Indonesia terutama muslim memang lebih diuntungkan dengan diet ini karena tubuhnya sudah lebih terbiasa.

Diet Intermittent Fasting ini tidak bekerja seperti puasa pada umumnya hanya saja ada bagian di mana anda memang harus berpuasa dan tidak makan makanan apapun yang memiliki kandungan kalori. Diet Intermittent Fasting ini tujuan utamanya adalah untuk mengatur pola makan sehingga tidak terjadi overeating.

Sistem dari Intermittent Fasting

Diet Intermittent Fasting adalah diet yang lakukan dengan cara makan di jam tertentu yang anda tentukan sendiri. Dalam Intermittent Fasting ini waktu makan anda akan diatur dan setelah makan anda harus berpuasa mulai 3 jam hingga 5 jam. Setelah 3 hingga 5 jam, maka anda diperbolehkan untuk makan lagi. Masa puasa yang dilakukan pada diet ini dilakukan untuk mengembalikan hormon natural pada tubuh dan juga level kolesterol dalam tubuh anda. Sangat mudah untuk dilakukan bukan? Selain itu cara ini juga tidak akan menyiksa anda karena terlalu lama menahan lapar bukan? Sesungguhnya dalam menjalankan Intermittent Fasting Diet anda tidak akan merasa lapar jika pilihan makanan yang dan gunakan adalah makanan yang tepat. Yaitu real food den juga makanan yang memiliki sifat basa.