Anda yang bergelut dalam dunia bisnis pasti penuh dengan beragam investasi. Masing –masing investasi tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu melakukan perputaran uang untuk memperoleh keuntungan yang sebesar – besarnya di masa depan. Anda bisa melakukan investasi dengan berbagai cara, bisa melalui tabungan deposito, membeli tanah, emas, rumah maupun apartemen. Anda juga bisa membeli benda berharga lainnya atau pun persuratan berharga (saham, obligasi, dan lain – lain). Dari sekian banyak investasi, Anda harus pandai memilih mana yang paling memberikan keuntungan serta jaminan keamanan. Jaminan keamanan yang bagaimana? Yang tidak memberikan efek kerugian besar dan cenderung stabil. Pada dasarnya, banyak yang tidak mengetahui apa itu saham? Seperti apa aliran perputaran uangnya?

Kebanyakan orang Indonesia melakukan investasi dalam bentuk emas. Mengapa hal itu dapat terjadi? Seperti yang Anda ketahui, bahwa investasi emas dilakukan karena nilai jual emas yang cenderung stabil, emas juga memiliki kelebihan dalam kegunaannya sebagai  hiasan yang menarik sehingga memiliki nilai jual yang lebih. Namun, Anda perlu juga memperhatikan kerugian dari investasi emas. Ketika harga emas turun, maka emas akan stabil turun dalam jangka waktu yang tidak dapat diprediksi merupakan salah satu dari kerugian investasi emas.

Capital gain

Capital Gain merupakan keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham dari hasil selisih harga beli dan jual saham. Dengan begitu, harga jual harus lebih tinggi dibandingkan harga beli. Sebuah saham dihitung dalam bentuk lot, dimana setiap lotnya berupa 100 lembar saham. Setiap Anda membeli saham dengan harga Rp 2 ribu setiap lembarnya dan kemudian membeli sebesar 1 lot, maka apabila Anda mau menjual saham tersebut pada harga Rp 2.500, Anda akan mendapatkan selisih Rp 500 yang termasuk dalam keuntungan pekerjaan Anda.

Bagi pemilik modal besar, investasi merupakan hal yang sangat menggiurkan, karena perputaran harga saham yang tergolong sangat cepat. Saking cepatnya itulah, investor dalam dunia saham mampu memperoleh keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat. Ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Resiko melakukan penanaman saham yang tinggi terjadi setiap waktu dalam transaksinya. Harga yang tidak bisa diprediksi membuat investasi ini memiliki resiko yang besar. Seorang trader saham haruslah paham betul mengenai waktu harus menutup transaksinya dan harus bersabar serta tidak boleh serakah. Jika Anda pebisnis emas, Anda harus update berita – berita terkini seperti grafik harga emas hari ini, melalui di aplikasi cek saham harga emas .

Capital loss

Kondisi rugi atau yang biasa disebut capital loss, kebalikan dari capital gain. Kondisi ini berlangsung pada saat trader mengalami kerugian dari hasil transaksi jual dan beli saham. Seorang pemegang saham khususnya orang awam, kitas sering bertanya – tanya kenapa sih harus menjual saham kita di bawah harga beli.