Indomie adalah brand delevopment examples bagi merk-merk mie instan lainnya. Tentunya sebagian dari Anda sudah mengetahui tentang merk mie instan yang satu ini bukan? Selain mudah ditemukan dimanapun Anda berada, merk Indomie ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk bisa diketahui oleh banyak masyarakat, khususnya di Indonesia. Akan tetapi, tidak hanya di Indonesia, karena distribusi pemasaran Indomie juga sudah sampai tingkat internasional karena sudah bisa ditemui di berbagai negara-negara tentangga sekitar Indonesia. Bahkan, negara-negara yang notabene jauh dari Indonesia. Lantas mengapa Indomie disebut sebagai brand development bagi produk-produk mie instan lainnya? Salah satu faktor diantaranya adalah mengenai tingkat daya beli masyarakat terhadap produk tersebut. Sama hal nya seperti merk Indomie yang menjadi merk identik setiap mie instan yang ada, hal ini terwujud karena daya beli masyarakat terhadap Indomie ini bisa dikategorikan cukup tinggi. Selain itu, juga masih terdapat beberapa alasan mengapa Indomie disebut sebagai merk identik dari berbagai merk mie instan lain yang ada? Penasaran? Langsung saja simak uraian di bawah ini

1. Indomie masuk dalam salah satu merk mie instan yang berhasil

Mengapa demikian? karena merk Indomie ini banyak digemari eh masyarakat. Ditambah lagi, konsumsi Indomie juga tidak hanya pada masyarakat menengah ke bawah saja, melainkan juga masyarakat menengah ke atas.

2. Indomie merupakan brand mie instan yang sudah berdiri lama di Indonesia

Mulai berdiri pada tahun 1970, serta persebarannya hampir merata dan mudah untuk didapatkan oleh masyarakat pada tahun 1972 oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur, yang notabene merupakan perusahaan pangan terdepan dan terbesar di Indonesia. Varian rasa yang pertama diproduksi adalah rasa ayam dan udang.

3. Pangsa pasar Indomie yang bagus

Karena pendistribusian Indomie memang sudah lama sampai ke luar negeri yaitu  beberapa negara tentangga seperti negara-negara di kawasan Asia tenggara bahkan negara-negara di kawasan benua Afrika, Eropa, Amerika dan Australia.

4. Slogan Indomie yang berbunyi “Indomie Seleraku” mempunyai daya tarik tersendiri terhadap konsumen

Selain mudah diingat, slogan ini juga sengaja dipilih oleh produsen saat awal produksi Indomie ini agar menunjukkan ciri khas Indomie dari Indonesia. Selain itu, hal ini termasuk dalam salah satu faktor pendukung Indomie menjadi merk terpopuler sampai saat ini, yang mana disetiap produk, strategi promosi dan iklan pasti di jumpai slogan ini.

Beberapa hal diatas merupakan faktor penyebab Indomie disematkan menjadi nama dari seluruh mie instan yang ada di Indonesia. Terutama, bagi sebagian masyarakat yang tidak mengetahui tentang merk-merk mie instan lainnya, mereka pasti akan mengira merk lain sama dengan merk Indomie. Ditambah lagi, hal ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa merk keluaran pertama suatu produk pasti dijadikan acuan produk tersebut sampai suatu masa yang akan datang. Sama halnya pada saat ini dimana terdapat banyak merk mie instan, tetapi nama Indomie tetap mewakili seluruh merk mie instan yang ada.

Penyematan Indomie sebagai nama mie instan di Indonesia ini tentunya sulit diubah bagi beberapa kalangan masyarakat tertentu. Seperti misalnya, orang-orang yang sudah lanjut usia dan tidak mengetahui merk mie instan terbaru saat ini, mereka tentunya akan mengira semua mie instan adalah Indomie, sama seperti zaman mereka dulu. Akan tetapi, hal ini juga membawa dampak positif khususnya bagi perusahaan produksi Indomie sendiri, PT Indofood, karena bisa membantu mempertahankan pangsa pasar. Serta mempertahankan selera masyarakat terhadap berbagai varian produk Indomie. Beberapa waktu lalu, sempat muncul isu-isu bahwa Indomie mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya serta tidak ada sertifikasi halal. Akan tetapi, hal ini tidak berlangsung lama, karena memang tidak terbukti kebenarannya. Mungkin hanya ulah dari pesaing dari produk serupa  yang ingin menggeser popularitas Indomie dan menurunkan pangsa pasar, serta menggantikan posisi Indomie dengan produk miliknya. Karena pada dasarnya, posisi Indomie sebagai merk mie instan terdepan dan terpercaya di Indonesia memang sulit untuk digeser dan digantikan.